Alur Hidupku · Diary · Uncategorized

Ramadhan ke-3 di Tarakan


Assalamu’alaikum…

Marhaban ya Ramadhan..Alhamdulilah masih bisa merasakan puasa ramadhan lagi kali ini. Alhamdulilah masih diberi umur panjang sehingga masih bisa menikmati ramadhan 1437 H, masih bisa mencari keridhoan Allah SWT.

Ternyata sudah ketiga kalinya saya puasa di Tarakan. Sebenarnya baru jalan 2 tahun lebih saya di tarakan. Dulu penempatan awal memang mendekati puasa ramadhan.

Sebuah harapan yang tak henti-hentinya adalah ini ramadhan terakhir saya di Tarakan. Saya ingin ramadhan tahun depan berada di jawa. Bukannya saya tidak betah berada di sini. Tapi ijinkan saya dekat dengan ibu saya, yang paling tidak bisa sebulan sekali saya nengok beliau yang tinggal sendiri. Ijinkan saya bisa lebih berbakti jika tinggal dekat atau bersama ibu saya.

Tidak betah di tarakan, itu bukan alasan saya. Alhamdulilah di tarakan saya bertemu dengan teman-teman yang membuat saya nyaman. Alhamdulilah juga saya masih didekatkan dengan islam dengan terus semangat mengaji bersama teman2 yang luar biasa.

Tapi alasan saya adalah ibu….tidak ada alasan saya untuk tak berbakti pada ibu. Tidak ada cukup alasan bagi saya tidak peduli sama ibu. Dia begitu luar biasa bagi saya. Mungkin di lihat dari luar saya tidak seberuntung teman2 saya yang dilahirkan dari keluarga kaya…tapi dari situlah saya belajar tentang arti perjuangan, usaha, dan doa…

Makasih mak….dari anakmu…doakan saya cepat kembali…

 

Uncategorized

Doa dan Tawaqal Setelah Ikhtiar


Gejolak hati dan jiwa ternyata tak dapat dihindari. Mungkin ini yang semestinya saya lakukan saat ini. Bukan meratapi, memikirkan yang nggak-nggak atau bahkan depresi, melainkan terus berdoa dan tawaqal kepada Allah SWT .Tapi memang ini sulit. Dari awal saya niatkan lillahita’ala. Saya berfikir apa pun hasilnya nanti itu udah jadi keputusan Allah dan itu pasti terbaik untuk saya..ya…mudah2an saya bisa…

Dan harapan itu selalu ada untuk orang yang berdoa…

Berdoa….itulah yang harus terus saya lakukan. Bukankah kekuatan doa bisa merubah suatu keputusan atas kehendak Allah.

Minta doa, mungkin itu juga yang akan saya lakukan. Kita tidak tahu doa siapa yang akan dikabulkan Allah. Mungkin doa ibu kita…bukankah restu ibu akan jadi restu Allah begitu juga sebaliknya, murka ibu akan jadi murka Allah…

Atau mungkin doa saudara2 kita yang sholeh dan sholehah…semuanya atas kehendak Allah…

Jadi….sekarang…saya harus terus berdoa sebelum hasil tiba…

 

Diary · Uncategorized

Doa


Selain usaha mungkin dengan kekuatan ini aku masih punya asa,

Saat aku merasa tidak bisa, dengan ini aku merasa pasti bisa,

Saat aku merasa sendiri, dengan ini aku bebas bercerita dengan Sang Pencipta,

Saat aku merasa punya banyak masalah, dengan ini aku merasa baik-baik aja..

 

Alur Hidupku · Uncategorized

Belajar mengerti


Belajarlah mengerti orang lain, entah itu perasaan, harapan, keadaan, apapun itu. lawan bicara kita bukanlah patung yang bisa seenaknya diperlakukan, tidak dihiraukan. Mereka bisa saja marah, kecewa, sakit hati, bahkan berubah menjadi benci karena sikap kita yang dibilang tidak mengerti.

coba belajarlah mengerti, karena tidak bisa hanya dia ato mereka yang ngertiin kita, sedangkan kita tidak bisa mengerti…

ketika mereka sudah bilang bahwa mereka butuh dimengerti, berarti memang bisa dibilang kita gagal untuk ngertiin mereka. Janganlah keras kepala, merasa kita yang paling benar, yang paling tahu sehingga tak menghiraukan kata-kata itu. Ego kita kadang yang membuat kita tidak mengerti, dengan alasan apa pun yang kita ucapkan tetap aja kita memang tidak ngertiin mereka…

 

coba tanyakan hati,.. kita ato mereka yang tidak mengerti…

gimana kalo kita jadi mereka, yang sudah ngertiin kita, tapi kita tidak pernah bisa mengerti…sakit bukan….

 

 

Uncategorized

Aku tahu…


Aku tahu…

kau sangat menyayangiku

Kau menungguku telepon setiap waktu

Kau khawatir tak mendengar kabarku

Kau berharap aku kembali dekat denganmu

Aku tahu…tapi aku nggak mau kau tahu kalau aku berperasaan sama  denganmu

aku memang kadang menunjukkan rasa itu kepadamu

Tapi aku slalu sadar untuk mengakiri rasa itu

karena kalau aku rindu, kau akan merasa lebih rindu

kalau aku sakit, kau akan merasa lebih sakit

Tenanglah…aku akan baik-baik saja

aku akan selalu dengar perkataanmu

aku akan selalu berdoa untuk keinginanmu

katamu semakin yg byk berdoa, Allah akan segera mengabulkan

meskipun aku ketawa saat dengar kata itu terucap darimu…sebenarnya aku selalu mengamininya..

dan tenanglah Allah akan memberikan yang terbaik buat kita

#ibu

tarakan, 28/09/2015

Uncategorized

CPNS Online: Soal CPNS, Kisi-kisi CPNS


<a href=" ” title=”CPNS Online: Soal CPNS, Kisi-kisi CPNS”>CPNS Online: Soal CPNS, Kisi-kisi CPNS

Ayo teman-teman yang mau dapat paketan soal cpns gratis?

Yang mau latihan soal CPNS gratis?

Yang mau ikutan try out gratis dan berhadiah?

Hanya invest beberapa puluh ribu saja…cepetan klik link diatas…

Jangan bilang nyesel lho kalau gak lulus cpns HANYA Gara-gara gak ada contoh soal yang lengkap, jangan bilang nyesel lho gak lulus cpns karena gak ada sumber…Padahal nih ya…kalau kita niat belajar sungguh-sungguh, insya Allah akan tembus..makanya daftarin sekarang juga…

Uncategorized

Capacity Building bagi Wisudawan STAN 2012


Capacity building merupakan istilah yang baru pertama kali aku dengar di kampus STAN. Dari berbagai artikel di google yang saya baca, saya dapat menarik arti dari kegiatan capacity building yaitu suatu kegiatan di alam terbuka yang bertujuan untuk melatih fisik, mental, disiplin, serta kerjasama kelompok (team) dalam menghadapi berbagai rintangan.  Rintangan di sini mendreskripsikan persoalan-persoalan yang nantinya harus dihadapi di dalam aktivitas kehidupan.

Untuk lebih jelasnya, aku ingin membagikan informasi tata tertib Capacity Building yang menggambarkan rangkaian kegiatan yang akan dilakukan di hari H-nya tersebut:

TATA TERTIB CB

1. Membawa kaos berwarna terang dan celana training minimal 5 setel. Ntar di sana gak ada waktu buat nyuci. Sekre tidak jadi menyediakan kaos. Kaosnya kaos oblong, tapi kl kaos berkerah juga gpp. Diutamakan berwarna putih, tp kalau gak ada putih ya gpp. Jilbab juga gitu diutamakan putih, tp gpp juga warna lain. Kalau bisa jilbab langsungan aja yg flexible. Training didobel rok juga gpp asal roknya lebar dan gak mengganggu mobilitas.

2. Membawa kemeja putih lengan panjang dan celana/rok kain warna hitam minimal 1 pasang. Jilbab segiempat warna putih. Gak usah pake dasi.

3. Bawa baju lain2 buat cadangan, secukupnya (buat tidur)

4. Membawa KTM

5. Boleh bawa HP. Tp waktu kegiatan WAJIB OFF

6. Gak boleh bawa laptop, alat elektronik, kendaraan pribadi, barang2 berharga

7. Gak boleh bawa rokok, benda tajam, obat2 terlarang

8. Membawa perlengkapan mandi

9. Membawa obat/peralatan pribadi

10. Membawa perlengkapan ibadah

11. Membawa sepatu pantofel hitam min.1 pasang (utk kegiatan indoor)

12. Membawa sepatu olahraga min.1 pasang (utk kegiatan outdoor)

13.Membawa kaos kaki min.3 pasang

14.Gak boleh bawa makanan dan minuman dari luar

15.Gak boleh dijenguk

16. Membawa 1 buku tulis dan alat tulis

17.Panjang rambut bagi pria 1 cm. Jambang dan kumis dirapikan

18. Membawa topi warna hitam

19.Test kesehatan di POLIKLINIK STAN. Hari pertama 6.30-17.00. Hari kedua 6.30-10.00. Datang duluan, dilayani/tes duluan. Yg jujur slama test kesehatan, punya keluhan atau sakit apa.

20.Berangkat dr air mancur STAN memakai kemeja putih lengan panjang dan celana/rok kain warna hitam. Jilbab segiempat warna putih. Gak usah pake dasi.

21.Gak boleh pindah gelombang.. yg boleh pindah Cuma yg sakit atau pilkada DKI.

22.Bawa tas ransel aja. Gak usah bawa koper.

23.Bagi wanita Pakaian gak boleh ketat.

24. Yg gak pake jilbab, rambut diiket rapi.

JADWAL CB (TENTATIF)

Hari 1 (10,17,24 sep) Test Kesehatan

Hari 2 (11,18,25 sep) 6.30 Test Kesehatan,  10.00 persiapan berangkat, 13.00 pengkondisian lapangan 14.00 berangkat ke cijantung, 16.00 di markas

Selama di cijantung, kegiatan Mulai jam 5 pagi – jam 9 malam. Tp tidak menutup kemungkinan akan dibangunkan tengah malam.

Hari 3 (12,19,26 sep)  Sarapan, Ceramah Komandan, orientasi lapangan dan pembekalan wawasan kebangsaan, PBB, ISHOMA, Pelatihan Penghormatan (PPM), rehat-snack, Makan Malam, Pelatihan Penghormatan (PPM)

Hari 4 (13,20,27 sep) )  Sarapan, Ceramah Komandan, PBB,rehat-snack, bina jasmani, ISHOMA, Pelatihan Penghormatan (PPM), rehat-snack, Makan Malam, Pelatihan Penghormatan (PPM)

Hari 5 (14,21,28 sep) Sarapan, Ceramah Komandan, PBB,rehat-snack, bina jasmani, ISHOMA, Pelatihan Penghormatan (PPM), rehat-snack, Makan Malam, Pelatihan Penghormatan (PPM)

3 Hari di awal. Full bersama kopassus

Hari 6 (15,22,29 sep) Bintal agama, sarapan, ceramah komandan, bintal motivasi, ISHOMA, Tata Upacara (TUM), Peraturan Dinas Dalam (PUDD), rehat-snack, makan malam, Peraturan Dinas Dalam (PUDD)

Hari 7 (16,23,30 sep) Sarapan, Ceramah Komandan, pelatihan pertolongan pertama di lapangan, ceramah APBN, ISHOMA, pelatihan pertolongan pertama di lapangan, rehat-snack, makan malam, pelatihan pertolongan pertama di lapangan

Hari 8 (17,24 sep, 1 okt) Sarapan, Ceramah Komandan, tata upacara (TUM), rehat-snack, tata upacara (TUM), ISHOMA, ceramah oleh KPK,  rehat-snack, makan malam, tata upacara (TUM)

Khusus hari terakhir, jam 12-an kita pulang.

Hari 9 (18,25  sep, 2 okt) Sarapan, PBB, rehat-snack, PBB, siap pulang.

TAMBAHAN

Kita kan dibagi tiap gelombang: Nanti akan ada KETUA GELOMBANG yg dipilih oleh kopassus

Tiap gelombang dibagi ke 23 kelas (A-W). Tiap kelas sudah ada ketua kelas yg ditunjuk (secara acak oleh pihak STAN).

Tiap Gelombang Akan dibagi menjadi 3 kompi . Kompi NAGARA, Kompi DANA, Kompi RAKCA: Nanti akan ada KETUA KOMPI yg dipilih oleh kopassus.

Tiap Kompi ada 3 Pleton: Nanti akan ada KETUA PLETON yg dipilih oleh kopassus.

Kelas A-H : Pleton 1-3 : Kompi NAGARA

Kelas I-P : Pleton 4-6 : Kompi DANA

Kelas Q-W : Pleton 7-9 : Kompi RAKCA

KAYAKNYA SERU BUKAN…..CEMUNGUD2… 😀

Sebenarnya dasar penyelenggaraan capacity building apaan ci??

Untuk menanamkan sikap mental berintegritas dan berdisiplin tinggi, STAN gagas penyelenggaraaan capacity building untuk para siswa/i Tingkat III semua jurusan (Akuntansi, Pajak, PBB, Bea Cukai, Anggaran, dan Piutang Lelang). Dalam kegiatan tersebut, STAN akan libatkan pelatih Kopassus Cijantung. Bahkan, sebagian besar kegiatan dipusatkan Markas Cijantung selama 6 (enam) hari setiap gelombangnya. Sejumlah 1.731 siswa/i diwajibkan mengikuti kegiatan tersebut.

SALAM DISIPLIN!!!!

 

 

 

Uncategorized

Ku harus tetap mencintainya,


Kau tak pernah jemu menanyakan keadaanku

Kau tak pernah jemu menanyakan masalahku

Kau tak pernah jemu menanyakan tentang perutku

“Sudah makan?makan ma apa?makan yang banyak ya?”

Kau tak pernah jemu bicara tentang doa-doamu untukku

“setiap detak jantung, sambil apa pun, ku doakan untuk kebahagianmu”

Kadang ku hanya menjawab aamiin ya Robbal’alamiin

Bahkan ku hanya tersenyum, ku hanya aminin di hati

Kau tak pernah jemu mengingatkan ibadahku

“Sholatnya jangan ditinggalkan, sholat malam dilakukan juga”

Iya….insha Allah, tapi…nyatanya jarang banget sholat malamku

kau tak pernah jemu, memberi semangat untukku

“Emang kamu mau jadi ini, jadi itu…pokoknya harus tetap semangat”

“iya..ku tak mau dia kawatir…”

Kau tak pernah jemu berkata

“kalo belajar jangan malem-malem, tidur, istirahat, jangan sampe sakit”

kau tak pernah jemu mencintaiku…

Jawabku, ku harus tetap mencintainya..

perhatiannya tak kan luntur karena masa

Dialah ibuku,,,

 

 

Ilmu · Motivasi · Uncategorized

Memulai, Sesuatu yang Sangat Sulit


Ketika kita diberi suatu tugas oleh atasan dengan jangka waktu tertentu, kadang kita berfikir kalau kita tidak bisa melakukannya, waktunya terlalu cepat. Bahkan jika waktunya lama, kita malah menunda-nunda mengerjakannya. Inilah suatu penyakit yang bisa membuat hidup kita berantakan. Memulai itu sesuatu yang sangat sulit dilakukan.

Seringkali kita mendengar anjuran dari orang tua, dosen, guru, sahabat, teman, dan dari orang lain untuk memulai kegiatan kita dari sekarang, jangan sampai kita baru mengerjakannya di akhir-akhir. Tapi sering dari kita tidak mengindahkan nasihat tersebut. Baru ketika pekerjaan kita terbengkelai,
kita merasa sadar,”mengapa ya, enggak aku  mulai dari dulu-dulu”. Itu sudah terlambat pastinya.

Oleh karena itu, lebih baik kita mulai kegiatan kita di awal-awal. Memang memulai itu sulit. Tapi yakinlah ketika kita sudah memulai, kita bisa termotivasi. Jadi yang menjadi langkah pertama kita adalah paksakan kita untuk mulai mengerjakan tugas-tugas kita, lawan godaan-godaan apa pun itu. Selanjutnya mulailah kita melakukan kegiatan itu secara rutin, meski sedikit demi sedikit. Dari situ kita akan menemukan hal yang membuat kita tertarik untuk terus mengerjakannya. Di situlah motivasi mulai muncul.

Uncategorized

Ujian udah selesai Alhamdulilah aku bersyukur bisa mengikuti…


Ujian udah selesai….Alhamdulilah aku bersyukur bisa mengikuti ujian dari awal sampai akhir dengan lancar. Aku telah berusaha keras ya Allah masalah hasilnya aku serahkan kepada Engkau. Give me a miracle, mudah-mudahan dosen memberikan nilai yang baik..(amiin) apalagi soal hafalan, begitu sulit bagiku..tapi aku udah berusaha, mudah-mudahan terbalas semuanya..amiin..1 bulan lagi UAS, akhirnya PKL dan Wisuda..amiin, bekerja, melanjutkan kuliah, dst…Ridhoi hambaMu ya Allah..