Agama · Ilmu · Motivasi · Umum · Uncategorized

Be a Leader like Muhammad SAW


Menjadi pemimpin memang tidak mudah. Bahkan menjadi pemimpin bagi diri sendiri, mungkin bisa dikatakan banyak sekali orang yang gagal. Karena memang kebanyakan orang adalah follower atau menjadi pengikut.

Memulai perkuliahan di semester 9 ini, di usia yang sudah tidak muda lagi, dan sebentar lagi jadi seorang Ayah, saya sendiri masih merasa belum bisa menjadi pemimpin senyatanya.

Pertanyaan yang muncul di kelas, bagaimana menjadi pemimpin yang bepengaruh? Artinya bahwa seorang pemimpin harus memunyai manajemen stratejik yang mempunyai visi dan misi ke depan. Dan jawaban yang cukup membuat saya terdiam membisu alias melongok, He said that we must be a leader like Muhammad SAW. Pikir saya “Betul juga”. Nabi Muhammad SAW dikarunia sifat siddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), fathonah (cerdas), Tablig (Menyampaikan dan berpengaruh). So Perfect…… 😀 dalam teorinya “Seorang Pemimpin harus mampu menerapkan manajemen stratejik (dia harus punya ART n SCIENCE). Pinter aja gak cukup…..

GOOD LEADER IS GOOD TEACHER

LEADER HAS A VISION AND FOLLOWERS, how about u and me?

Sudah punya visi dan follower belum… Eits….kalau yang sudah berumah tangga, setidaknya istri sudah dukung visi km belom? 😀

 

 

 

Aktivitas · Alur Hidupku · Diary · Umum

Kena Marah Wajib Pajak di Kantor, itu sudah biasa


Hari ini, kamis, 01 Oktober 2015 saya masih menggantikan tugas teman saya yang lagi diklat untuk menjadi petugas pendaftaran NPWP di TPT. Awal bulan sebagai awal harapan, mestinya saya berharap bisa menjalani hari ini dengan penuh semangat, dengan kelancaran tugas dan hari-hari yang mulus aja.

Sudah biasa kalau komplain WP terkait masalah pengeposan NPWP yang tidak sampai, kali ini masalahnya lain. Entah salah siapa, saya, dia, ato, mereka, ato mungkin waktu yang harus dipersalahkan…heheheh 🙂 . Tapi ini masalahnya cukup serius.

Kronologisnya, mungkin seperti ini. Wajib pajak mengajukan permohonan pengurangan sanski PMK-91. Syarat-syarat sudah dipenuhi. Mungkin WP waktu itu kurang begitu mengerti syarat-syarat apa aja yang harus dilengkapi saat permohonan diajukan. Sehingga pada saat permohonan awal, WP bolak-balik ke kantor untuk ngelengkapi itu semua. Ok…masalah itu sudah beres. TPT sudah terima berkas itu dengan keterangan lengkap. Dari TPT di teruskan ke petugas untuk mengecek kelengkapan dan selanjutnya diteruskan ke pejabat yang berwenang.

Selang beberapa bulan berlalu, aman-aman aja, adem ayem. Tiba-tiba di hari sebelum saya menulis cerita ini. WP mengadu ke kantor, dia Curhat kalau dia mendapat telepon dari pejabat yang berwenang, kalau harus ngelengkapi permohonan yang dulu diajukan. Dia minta bantuan ke saya untuk menjelaskan dan minta kejelasan orang yang telepon WP tersebut. Ok…dengan penuh kesadaran sebagai pegawai  😀 saya bersedia membantu, karena emang kewajibannya c…hehehe. saya telepon ke pejabat tersebut, minta kejelasan ini itu, ok..saya tau permasalahannya, meskipun sedikit bingung, karena saya merasa kelengkapan data sudah dipenuhi. Tapi yasudahlah gpp, ini masalah sepele, pikirku. Tinggal telepon WP njelasin untuk ngelengkapi kekurangnya. Dan itu pun sudah saya lsayakan, WP bilang besok hari mau ketemu saya. Dari ini saya berfikir WP paham dan akan beres masalahnya.

Hari besoknya, tepatnya tanggal 01 Oktober 2015, di mana saya senang karena gaji turun, hehehe tapi kepotong kredit bank..wkwkwk WP tersebut menepati janjinya untuk ketemu saya. Lucunya dia nanya ke kantor sebelah, yang namanya Bapak Mustofa mana?….kebetulan saya dengar pertanyaan wp tersebut, dalam hati…padahal kemarin kan sudah ngobrol sama saya. Segampang itu kah dia melupakan namsaya…haha #ngaco. Untungnya nama saya terkenal di antara pegawai yang lainnya (padahal sudah biasa sesama pegawai saling kenal). Lalu salah satu pegawai menunjuk ke arah saya “itu Pak…yang imut2 itu…. Dan WP itu akhirnya bertemu saya, setiap bertemu dia naroh tanda pengenal entah itu kepolisian, brimob atau apa, karena memang saya gak tau. Pikirku Maksudnya apa nih…biar saya tsayat kah…Dia menaruh kelengkapannya dan meminta saya untuk mengirimkan. Oke…siap Pak Komandan…Dan ternyata saya baru sadar yang dibawa ternyata bukan kelengkapan yang dimaksud. Salahnya saya nggk begitu memperhatikan. Sedangkan WPnya sudah pulang. Akhirnya saya telepon lagi WP tersebut, minta maaf dan menjelaskan sejelas-jelasnya, serinci-rincinya, berulang kali dan WPnya merasa udah ngerti dan fine dia mau balik lagi bertemu saya. Yang perlu diketahui yang bertemu dengan saya berulang kali hanyalah pihak yang disuruh orang yang saya telepon.

Siang mendekati dhuhur, dia datang. Dari Awal c…emang mukanya sangar, Badanya tegap, tapi kali ini mukanya tampak kesal. Akhirnya dia datang ke saya, bicara dengan nada tinggi, seisi ruangan TPT pasti dengar semua. Satpam melongo melihatnya, teman TPT yang lain terheran melihatnya, kantor sebelah juga asyik mendengar drama yang sedang saya pertunjukkan hari ini. Entahlah….untungnya kali ini saya bisa sabar mungkin karena inget puasa. saya sendiri juga bingung menaggapinya, WP sendiri bicara gak putus-putus, merasa kesal, merasa cape, merasa dipermainkan, ingin menuntut teman tpt saya, dll. Saya hanya senyum-senyum aja, dan pelan-pelan menjelaskan Salah satu teman TPT juga merasa kasihan dengan saya dan mendekati saya, nanyakan apa permasalahannya, dan dia mengajak masuk saya, bicara-bicara…biar  WPnya juga tenang dulu di depan. Akhirnya saya keluar lagi, dan memanggil bapaknya, saya jelaskan…begini begono begitu, dan dia minta nomor telepon pejabat tadi dan emailnya.

Hmmmmm….sebenarnya masalah gambang, WP cari arsipnya dan ketika ketemu tinggal dikirim via email…

okelah hari pertama di awal bulan oktober, terjadi drama emosi yang mengguncang hati dan pikiran saya.

Tarakan, 01/10/2015

Ilmu · Motivasi · Umum

Memaknai 1 Oktober “Hari Kesaktian Pancasila”


Masih ingatkah, atau enggak peduli. Sebuah pertanyaan buat kita semua tentang hari bersejarah ini. Baik di twitter maupun facebook kebanyakan update tentang sebuah harapan di awal bulan oktober. Jarang sekali yang update mengenai hari kesaktian pancasila yang bertepatan pada tanggal 1 Oktober hari ini. No problem lah..mungkin banyak urusan atau pikiran yang membuat kita lupa hal itu (alasan).

Tapi nih ya..menurut aku sebaiknya kita tuh sedikit berfikir tentang hari kesaktian pancasila ini. Hari yang seharusnya membuat kita itu sadar sebagai Warga Negara Indonesia yang berideologi pancasilas #ups bahasanya tinggi. Gini loh…Sebenernya kenapa hari kesaktian pancasila dijadikan hari peringatan?, inget kan waktu SD, SMP, SMA, kita upacara di alun-alun. Pertama memang tujuannya mengenang tentang pemberontakan G 30 S PKI yang akan mengambil alih kekuasaan dan mengganti ideologi kita (pancasila) dengan ideologi milik komunis. Makanya setelah pemberontakan itu bisa diatasi, tepatnya tanggal 1 oktober dijadikan hari kesaktian pancasila. Belajar sejarah lagi yuks..

Tapi..di jaman sekarang ini, maknanya selain mengenang apa coba?ya jelaslah kita sebagai WNI yang baik mesti turut serta dalam mempertahankan ideologi pancasila yang secara tidak terang-terangan alias terselubung mulai digoyahkan budaya asing…hmmmm kita harus waspada!!. Contohnya budaya barat sudah menjadi trend kan di negara kita. Mental kita semua sebenarnya sudah mulai tercuci dengan pengaruh asing itu. Ayooo..gimana coba?sadar gak ni…

Aku sendiri sadar…hehehe. Paling enggak kita selalu ingat dan berusaha memperbaiki diri. Betul betul?. Apalagi pemberitaan di TV tawuran antar suku, antar pelajar dari SD, SMP, SMA, sampe Perguruan Tinggi. Penyebabnya apa toh? inget nggak kalian dengan sila ketiga pancasila “Persatuan Indonesia”. Seharusnya tu kita bersatu bukan malah berpecah belah seperti itu. Kalau semua WNI seperti ini mana bisa maju?apa kata dunia?

Kalau Indonesia seperti ini terus, Asing akan dengan mudahnya masuk ke Indonesia dan mengambil alih kekuasaan Indonesia. Emang kita sudah merdeka secara resmi tanggal 17 Agustus 1945, tetapi kalau ada celah untuk diambil alih, pasti Asing dengan senangnya melakukan hal tersebut.

Inget ya boy…di hari kesaktian pancasila ini, selain mengenang para pahlawan yang gugur saat G 30 S PKI, kita mesti berupaya bersama-sama mempertahankan ideologi pancasila. Kita harus bersatu, jangan ada tawuran lagi, demo anarkis, dll yang bersifat memecah belah. Kita maknai pancasila dengan sesungguh-sungguhnya. Kita halang budaya asing yang mau merusak ideologi kita..Setuju Kan??? 😀

 

 

Ilmu · Umum · Uncategorized

Bagaimana pria mengungkapkan sebuah perasaan?


Hey para wanita, sebaiknya kalian tahu dan bisa mengerti kondisi ini.
 
Mengungkapkan sebuah perasaan cinta, tidaklah semudah menulis puisi cinta, memberi nasihat orang yang sedang galau, dan melakukan hal apapun lainnya.
 
Cinta itu bisa datang karena kebiasaan (bahasa jawanya: witing trisno, jalaran seko kulino) maupun tiba-tiba (pada pandangan pertama, atau kapanpun) pada teman, sahabat, baru dikenal, musuh, seumur, lebih muda, lebih tua, dan siapapun. Tapi bahanya cinta sesama jenis…jangan sampai ya..hehehehe 😀 .
 
Cinta itu bisa datang dari mata, hati, sifat, dari manapun. Itulah kata orang.. Sah-sah aja si menurutku. Ya..seperti lirik lagu lah ya cinta datang dari mata turun ke hati. Hehehehe 🙂
 
Cinta itu bisa datang ke siapa aja, orang galak, orang jahat, orang pendiem, orang kaya, miskin, tak melihat kondisi dan waktunya.
 
Ketika cinta itu datang, hari-hari seseorang akan nampak berbeda dari biasanya. Manis, asam, asin akan menghampirinya. Tiba-tiba senang, gembira. Beberapa hari lagi emosian, manyun, sedih, galau, dsb.
 
Ketika bertemu dengan si dia yang dikagumi, hatinya deg-deg ser, tangan dingin, gugup, salah tingkah. Coba deh lihat matanya, tampak berbeda ketika menatap si dia. Gerak-geriknya pun terkadang mencuri pandangan. Kadang perhatian ke si dia, yang seharusnya ia tutupi karena takut orang lain tau, tanpa sengaja tercipta sendiri. hahahaha jadi malu 🙂
 
Sampai suatu saat Si cowo galau, gak mungkin lagi menutupi perasaannya. Karena ini malah bikin ia sakit. Cemburu pun timbul juga, padahal gak jelas mengapa harus cemburu. Saat mau mengungkapkan pun deg-degan minta ampun, bahkan ada juga yang gag bisa tidur malamnya. Mikirin kata-kata yang harus disusun rapi. Tapi setelah tersusun rapi ia pun ragu, berani gak ya? jadi gak ya? Sampai beberapa hari kata-kata itu masih tersimpan, belum bisa diungkapkan. Akhirnya apa, ada juga yang berani terus terang dengan bicara langsung di depannya dengan mata berkunang-kunang, pipi merah, malu, keringat dingin keluar, kata-katanya pun acak adul..hahahaha 😦 . Tapi ada juga yang lewat sms, karena emang bener ia takut ngomong langsung, maupun ngomong lewat telfon. Apa yang dilakukannya, nulis sms pun lama banget, dibaca berkali-kali, berfikir apa tulisan ini pantes atau enggak..hahaha (mirip ujian gitu). Terus ada yang lewat telfon. Apa yang dibicarakan? muter-muter gak jelas, tidak ada intinya. Ketawa, malu-malu gitu gak jelas sampai akhirnya terucap kalo dia mencintainya..kasihan..sulit banget bicara..hahahaha. Ada yang lewat surat (kayak jaman dulu aja), bukan karena ingin kasih surprise tetapi alasan utama ya takut bicara. Tulisannya macam puisi gitu, jadi pujangga dadakan.hehehehe asyikkkk, Ada juga yang sebelumnya ngasih surat sebagai pengagum rahasia…(ttd: pemujamu di lautan asmara….hahahaha #preetttt)
 
Setelah itu si cewek bereaksi seperti ini; Owh dasar cowok playboy, penakut, menolak, menghina, tapi ada yang menerima juga. Mereka tak tahu prosesnya, tak tahu bagaimana si cowok merasakan hari-harinya, menyanjung si cewe, galau, hingga sebuah pengorbanan dilakukan. Enak jadi cewek (kata cowok), tidak mengungkapkan, yang selalu saja mendengarkan. Tinggal jawab yes atau no..hahahaha. Tapi biasa si ya…cinta itu gak dipaksakan, tapi cewek mesti tahu juga pengorbanan cowok, meskipun menolak, tapi sedikitlah menghargai…hahahahaha 😛
 
#KHUSUS BUKAN COWOK PLAY BOY….
Aktivitas · Alur Hidupku · Ilmu · Umum

Semangat UAS!!!!


Ujian Akhir Semester V akhirnya tiba. Siapkah kalian??pasti dong, harus dong, siap dong…itulah jawaban orang  yang akan sukses. Amiiin :). Rupanya moment UAS kadang membuat kita dag dig dug. Biasalah mungkin karena publikasi nilai UTS yang ternyata dapat nilai dibawah angka aman. #Kalau boleh curhat aku juga agak sedih..why??nilai AKN (Administrasi Keuangan Negaraku) cuma dapat B- 😦 (Nilai kurang dari 70). Takut DO??pastilah, coba bayangin kalian di Kampus, memang gratis uang semesteran dan buku. Tetapi uang makan sehari-hari kan minta dari ORTU. Oh tidak….kalau kita jumlah selama semester ini total biaya yang sudah dikeluarin ortu untuk biaya hidup sehari-hari minimal Rp 20 jutaan. Coba bagi kita-kita yang boros, bisanya habisin duit ORTU.

Intinya apa…kita harus lihat pengorbanan orang-orang yang mendukung kuliah kita. Apa ingin kalian mengecewakan harapan mereka?jawablah: TENTU TIDAK. Oleh karena itu..mari kita semangat belajar, meskipun nilai UTS kurang memuaskan, masih ada di UAS. Kesempatan satu ini jangan disia-siakan. OK??? cakep :D.

Gimana ya cara belajar???

Oooh…intinya cari tau bagaimana kalian bisa belajar nyaman, tenang, dan yang paling penting masuk dalam pikiran. Siapkan diri kalian baik-baik sebelum ujian, baik fisik maupun mental. Siapkan sejak awal, jangan sampe belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Aku yakin antara orang yang SKS dan orang yang menyiapkan belajar lebih awal, hasil ujiannya beda..

OK..bye-bye…Semangat belajar ya mahasiswa STAN…semoga lulus semua..zero DO, IPK cumalude..(amiin… :D)