Aktivitas · Alur Hidupku · Ilmu · Umum

Semangat UAS!!!!


Ujian Akhir Semester V akhirnya tiba. Siapkah kalian??pasti dong, harus dong, siap dong…itulah jawaban orang  yang akan sukses. Amiiin :). Rupanya moment UAS kadang membuat kita dag dig dug. Biasalah mungkin karena publikasi nilai UTS yang ternyata dapat nilai dibawah angka aman. #Kalau boleh curhat aku juga agak sedih..why??nilai AKN (Administrasi Keuangan Negaraku) cuma dapat B- 😦 (Nilai kurang dari 70). Takut DO??pastilah, coba bayangin kalian di Kampus, memang gratis uang semesteran dan buku. Tetapi uang makan sehari-hari kan minta dari ORTU. Oh tidak….kalau kita jumlah selama semester ini total biaya yang sudah dikeluarin ortu untuk biaya hidup sehari-hari minimal Rp 20 jutaan. Coba bagi kita-kita yang boros, bisanya habisin duit ORTU.

Intinya apa…kita harus lihat pengorbanan orang-orang yang mendukung kuliah kita. Apa ingin kalian mengecewakan harapan mereka?jawablah: TENTU TIDAK. Oleh karena itu..mari kita semangat belajar, meskipun nilai UTS kurang memuaskan, masih ada di UAS. Kesempatan satu ini jangan disia-siakan. OK??? cakep :D.

Gimana ya cara belajar???

Oooh…intinya cari tau bagaimana kalian bisa belajar nyaman, tenang, dan yang paling penting masuk dalam pikiran. Siapkan diri kalian baik-baik sebelum ujian, baik fisik maupun mental. Siapkan sejak awal, jangan sampe belajar SKS (Sistem Kebut Semalam). Aku yakin antara orang yang SKS dan orang yang menyiapkan belajar lebih awal, hasil ujiannya beda..

OK..bye-bye…Semangat belajar ya mahasiswa STAN…semoga lulus semua..zero DO, IPK cumalude..(amiin… :D)



Aktivitas · Alur Hidupku · Ilmu

Ujian Nasional 2012 (Try out di SMP 177)


Ujian merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan seorang pelajar (SD, SMP, SMA/SMK) bahkan mahasiswa. Ibarat kata ujian adalah hidup matinya mereka. Segala sesuatu yang diperlukan untuk mempersiapkan dalam ujian tersebut pasti akan diusahakan dengan keras. Meskipun ada yang salah kaprah sampai minta petunjuk dari dukun.

Sebenarnya kalau boleh saran, hal yang diperlukan dalam menempuh ujian hanyalah 4B (Belajar, Berdoa, Berpamitan, dan Bermaaf-maafan).

1. Belajar

Karena ujiannya adalah mata pelajaran, semestinya kita belajar mata pelajaran tersebut. Bukan belajar jampi-jampi dari dukun. Belajar dapat dilakukan sendiri, kelompok, maupun ikut bimbingan (privat). Sekarang ini modelnya udah berkembang banyak. Misalnya saja suatu Instansi (bimbel) mengadakan event Try Out UN.

Gambar di bawah ini adalah Try out UN di SMP 177 tahun 2012. Kebetulan saya menjadi pengawasnya. Begitu kagum saya melihat antusias dari anak-anak SD yang ikut kegiatan tersebut. Jumlahnya ada ribuan, berasal dari berbagai SD. Tujuan try out adalah sebagai uji coba kemampuan anak sebelum menghadapi ujian yang sungguhan. Acara ini sangat bagus baik bagi bisnis, anak yang akan ujian, maupun pemerintah tentu saja. Angan saya pun tertuju pada daerah saya, Purworejo. Suatu saat nanti saya ingin membuka suatu usaha.

3. Berdoa

Suatu usaha apabila didasari dengan doa pasti semuanya akan berjalan lancar. Begitu juga dengan ujian bagi seorang pelajar dan mahasiswa. Berdoalah dengan serius, memohon kepada Allah SWT. Insya Allah semuanya baik-baik saja. Janganlah merasa lelah untuk berdoa karena dengan itulah Allah menguji kita. Dia ingin melihat siapa yang setia dan terus menerus memanjatkan doa kepadaNya.

3. Berpamitan

Ingatlah firman Allah yang berbunyi “ridho Allah ada pada ridho kedua orang tua”. Hal yang wajib dilakukan saat kondisi ujian adalah minta ridho dari orang tua. Ingatlah siapa lagi yang mendoakan kita sehari-hari tanpa merasa lelah tidak lain orang tua. Siapa lagi yang bekerja keras demi masa depan kita, juga orang tua. Jadi berpamitan ya pada orang tua masing-masing, tidak hanya saat ujian saja.

4. Bermaafan

Janganlah kita melakukan sesuatu yang penting dengan adanya beban dosa kita kepada Tuhan dan orang lain. Mintalah ampun kepada Allah, atas dosa yang selama ini dilakukan baik sadar maupun dalam kekhilafan. Juga mintalah maaf dan memaafkan kesalahan orang lain. Minta maaf kepada orang tua, teman, dsb, juga minta doa restunya. Siapa tahu restu Allah ada pada restu mereka.

wasalam,…

Aktivitas · Alur Hidupku

Selasa, 20 Desember 2011 (Hariku yang Padat)


Jam 07.30 aku harus berangkat kuliah nyiapin slide yang belum sempurna. Hari itu adalah hari presentasi yang cukup menegangkan mata kuliah akuntansi pemerintahan III oleh Pak Agus Sunaryo Sulaeman. Saya dan rekan saya, rocky, azzam, iman, sutris, mabrur adalah kelompok pertama. Selama 2 malam kami begadang di kosanku.

Jam 08.00 bapaknya belum datang hingga 08.30. Padahal komat-kamit dari teman-teman adalah bapaknya gak datang. Hehehe :D. Jam 08.30 lebih bapaknya datang, kasih penjelasan sebentar. Selanjutnya lelucon dan yang jadi objek saya pula (mustofa yang kecil lah…hehe). Eh tapi bapaknya ngaku juga, Bapaknya yang besar…hehehe 😀 impas kan. Lanjut bahas presentasi yang ternyata diacak. Syukur alhamdulilah terucap pada kelompok kami (kelompok pertama).

Aku sebagai perwakilan kelompok maju buat ambil undian, dag dig dug (doa terucap mudah-mudahan bukan urutan 1). Dibuka hati-hati eh urutan 5. Kami sangat senang. Tapi apa coba…Bapaknya bilang yang maju pertama adalah no. urut terakhir yaitu no. 5. GUBRAK (kami duka, teman kelompok lain ketawa).
Akhirnya kami maju diberi waktu 25 menit…eh ternyata kami menghabiskan waktu lebih dari itu, itu pun belum selesai, dan gak ada tanya jawab…huhuhuhu..sumpah kacau balau…kritikan dari Bapak semua terucap. Tapi ambil positifnya aja…semangat untuk perbaikan selanjutnya.

Kuliah sampe sore, malamnya ujian Tahsin II (tertulis dan baca Al-quran), persiapan pun belum ada. Jadinya aku pun gak bisa ngerjain. Mengenai lulus atau tidak, berarti itu gambaran kemampuan aku di Tahsin II ini. Aku pun ambil positifnya aja..hehehe (Hope ; past exam)