Ilmu · Umum

Gambaran Umum Menulis Skripsi

Selamat ya, yang sudah jadi mahasiswa tingkat akhir. Senang kan…tapi saya yakin selain senang ada rasa debar, bingung, takut, pusing, nano-nano lah. Kenapa coba?pasti karena skripsi kan…😀😁😂.

Ups jangan takut dulu, karena saya akan coba share pengalaman saya waktu nulis skripsi. Apa si yang harus dipersiapkan. Kenapa harus dipersiapkan coba?serius Skripsi itu hal yg termasuk penting selain resepsi. Cie yang sudah resepsi atau yang mau resepsi. Baik skripsi maupun resepsi hal yang memang bikin pusing kalau terlalu dipikirin.

Makannya, ini saya kasih tips biar nggak pusing pas pelaksanaannya. Lets go to be successful:

Pertama, kamu kalau bisa sudah menyiapkan ide-ide cemerlang kamu sebelum semester di mana km menghajar skripsi. Nanya temen, kakak kelas, dosen yang kompeten kira-kira tema itu up to date gak, jangan sampai tema itu sudah expired dan si dosji bakalan membantai kamu, dengan pertanyaan “penelitian ini relevan gak untuk sekarang ini, sudah ada yg neliti belom, manfaatnya apa?” Bisa-bisa kamu nangis darah.

Kedua, kalau kamu sudah pegang beberapa tema, km harus segera cari dosbing..jangan nunda-nunda. Cari dosbing yg pinter, mau ngasih saran, dan baik hati. Itu sangat penting. Kenapa harus segera?kamu harus menyadari teman2 kamu itu bisa aja ada yg lebay, alay, belum apa-apa sudah ngetag dosbing. Kalau kamu gak cepat, kamu gak akan dapat penolong kedua setelah Tuhan. Hahaha. Siapa lagi yang akan membela kamu selain dosbing kamu. Kalau kamu dapat dosbing tidak baik hati…sudahlah bisa masalah sidang skripsi km.

Ketiga, jangan santai ya ngerjainnya. Kamu harus berfikir kamu harus cepat selesai. Jangan sampai ke DO gara-gara belum selesai. Soalnya di kampus selain mepet banget waktunya, kalau gak selesai, gak bakal bisa ngulang.

Keempat, persiapkan dengan baik itu materi skripsi dan kompre untuk pelaksanaan sidang. Jangan cm berharap belas kasihan dosbing dan dosji ya. Kalau dilihat kamu nggak ada usaha, setiap pertanyaan nggak bisa kamu jawab. Silahkan deh ngulang sidang. Perhatikan metode penelitaannya, jangan sampai kamu yg meneliti kamu gak paham. Ups jangan2 skripsinya dibuatkan orang lain. Malu dong…

Kelima, jaga attitude ke dosbing saat bimbingan dan dosji saat sidang. Berpakaian yang rapi dan sopan, serta berwajah ramah.

Itu aja ya, namanya gambaran umum. Semoga sukses….😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s