Ilmu · Motivasi · Umum

Memaknai 1 Oktober “Hari Kesaktian Pancasila”

Masih ingatkah, atau enggak peduli. Sebuah pertanyaan buat kita semua tentang hari bersejarah ini. Baik di twitter maupun facebook kebanyakan update tentang sebuah harapan di awal bulan oktober. Jarang sekali yang update mengenai hari kesaktian pancasila yang bertepatan pada tanggal 1 Oktober hari ini. No problem lah..mungkin banyak urusan atau pikiran yang membuat kita lupa hal itu (alasan).

Tapi nih ya..menurut aku sebaiknya kita tuh sedikit berfikir tentang hari kesaktian pancasila ini. Hari yang seharusnya membuat kita itu sadar sebagai Warga Negara Indonesia yang berideologi pancasilas #ups bahasanya tinggi. Gini loh…Sebenernya kenapa hari kesaktian pancasila dijadikan hari peringatan?, inget kan waktu SD, SMP, SMA, kita upacara di alun-alun. Pertama memang tujuannya mengenang tentang pemberontakan G 30 S PKI yang akan mengambil alih kekuasaan dan mengganti ideologi kita (pancasila) dengan ideologi milik komunis. Makanya setelah pemberontakan itu bisa diatasi, tepatnya tanggal 1 oktober dijadikan hari kesaktian pancasila. Belajar sejarah lagi yuks..

Tapi..di jaman sekarang ini, maknanya selain mengenang apa coba?ya jelaslah kita sebagai WNI yang baik mesti turut serta dalam mempertahankan ideologi pancasila yang secara tidak terang-terangan alias terselubung mulai digoyahkan budaya asing…hmmmm kita harus waspada!!. Contohnya budaya barat sudah menjadi trend kan di negara kita. Mental kita semua sebenarnya sudah mulai tercuci dengan pengaruh asing itu. Ayooo..gimana coba?sadar gak ni…

Aku sendiri sadar…hehehe. Paling enggak kita selalu ingat dan berusaha memperbaiki diri. Betul betul?. Apalagi pemberitaan di TV tawuran antar suku, antar pelajar dari SD, SMP, SMA, sampe Perguruan Tinggi. Penyebabnya apa toh? inget nggak kalian dengan sila ketiga pancasila “Persatuan Indonesia”. Seharusnya tu kita bersatu bukan malah berpecah belah seperti itu. Kalau semua WNI seperti ini mana bisa maju?apa kata dunia?

Kalau Indonesia seperti ini terus, Asing akan dengan mudahnya masuk ke Indonesia dan mengambil alih kekuasaan Indonesia. Emang kita sudah merdeka secara resmi tanggal 17 Agustus 1945, tetapi kalau ada celah untuk diambil alih, pasti Asing dengan senangnya melakukan hal tersebut.

Inget ya boy…di hari kesaktian pancasila ini, selain mengenang para pahlawan yang gugur saat G 30 S PKI, kita mesti berupaya bersama-sama mempertahankan ideologi pancasila. Kita harus bersatu, jangan ada tawuran lagi, demo anarkis, dll yang bersifat memecah belah. Kita maknai pancasila dengan sesungguh-sungguhnya. Kita halang budaya asing yang mau merusak ideologi kita..Setuju Kan??? 😀

 

 

One thought on “Memaknai 1 Oktober “Hari Kesaktian Pancasila”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s