Aktivitas · Alur Hidupku · Keluarga

Surat untuk si gulita

Gulita,,ku tutup minggu ini bersamamu. Tapi sebenarnya bukan hari ini saja, melainkan hari-hari sebelumnya.

Seperti biasa dari 3 anak yang berpuasa, entah mengapa selalu aku yang bangun duluan. Padahal kalo hari-hari biasa, subuhan di masjid kadang-kadang. Hehehe. Mungkin ini jadi ladang pahalaku..aamiin :). Sebelum tidur aku pesan dulu sama adik kos, kalo mau pinjem motornya. Biasa…urusan Dosen Pembimbing. Tau nggak…aku sempet sebel sama Dosbing karena beliau sering batalin janjinya sendiri. Kayak lagu itu lho..”kau yang berjanji kau yang mengingkari”. Eits jangan liat jenis lagunya, liat isi kandungannya..haha kaya’ hadits.. :D.

Mulai jam 2.00 pagi sudah banyak deringan alarm yang saling bersahut-sahutan. Berbagai macam versi. Kamar depanku versi tulat tulit, sampingku versi inggris, ngebas-ngebas, sedangkan punyaku versi ngagetin..Tapi dari jenis suara itu, tetep aja gak ada yang buruan bangun. Pencet snooze trus. Akhirnya q yang bangun. Jalan gentayangan jam menunjukkan jam 3.00 lebih. Ku ambil air wudhu sholat tahajud. Udah deh gak ngantuk lagi..

Tugas pertama sholat sudah, mulai ambil duit, berjalan keluar, sambil ngetokin pintu teman-teman kos. Ketok sekali, sahur!!!!, dua kali sahur!!!, 3 sahur sahur!!!!!..baru mereka jawab ” iyo…suarane serak-serak ngiler..wkwkwk”. Seterusnya hingga pintu terakhir. Di luar sudah banyak orang ngantri mau beli makanan. Setiap ganti antrian, suara si penjual terdengar khas di telinga, “Bungkus atau makan sini”. Ku liat muka mereka satu per satu. Inilah wajah-wajah orang yg baru bangun tidur, batuk-batuk, suara serak, hidung pilek, campur aduk lah..haha :). Tiba giliranku, aku minta bungkus seperti biasa, nasi, lauk, sayur, kisaran 4.000-7.000, biasa…liat isi dompet. Wah ternyata, antrian masih panjang, jam menunjukkan pukul 3.30. Buka pintu tempat kos, nyalain TV. Eh…masih aja belom bangun ni orang..terpaksa bangunin lagi. Yang satu malah tidur lagi di kursi ruang tamu..hahaha.

Akhirnya mereka bangun, cuci muka, dan beli makanan. Bertiga duduk di karpet dekat TV. 2 orang lagi tidur, karena non islam. Tapi kadang ikut bangun, juga ikut sahur..hehehe. Pilihan channel adalah SCTV. PPT bikin ketawa dan penuh makna. Sambil ingetin cerita-cerita PPT seri-seri sebelomnya kami ngobrol.

Ada dering di HPku…kirain siapa??? bias Masberoku…Tapi kali ini bukan ingetin sahur..Nadanya cepat seperti kilat..”Cepat telepon mamak”, “Ono opo tho”, tanyaku. “Mamak pengin ngomong”, jawabnya.

Untung ada pulsa pikirku,,ku cari tulisan ” mami marinem” di kontak HPku..yah begitulah, setiap orang yg berkesan, pasti aku kasih nama yg agak sedikit nyeleneh. Padahal kan aku gak biasa panggil mami.., sampe tiga kali ku telfon, jawabnya sama “nomor yang anda tuju sedang sibuk, coba beberapa saat lagi”. keempat akhirnya tersambung.

M: Asalamu”alaikum

A: Wa’alaikum salam,, sambil makan.,,ono opo mak?

M: gak ono opo2, pengin ngerti kabare, udah selese rung Laporane?

A: Durung…hehehe. Doake ae yo..

M: pastiii, terus kapan mulihe?

A: Aduh, mbok yo ojo takon mulih terus…kiro-kiro tanggal 10-16 agustus.

M: lho suwe temen..

A: yo iyo…proses mak…

M: ngono tho…

A: piye mbangune omah, rampung?

M: geri setitik..

A: Oyo..aku arep wisuda..biayane kiro2 1 juta, termasuk 2 pendamping, bus menuju tempat wisuda. Bulan Oktober.

M: syukurlah takiro 10 jutaan..iso2..Eh tapi nganggo duitmu sik..ono tho ning tabungan..

A. yo ranganti 10 juta lah…koyo opo ae..tabunganku???yo iso c..tapi..ganti lho..hahaha

M: iyo..duite lagi kanggo nggo mbangun. Engko nek entuk sauran utang, tak ganti..

A: ok..hehehe 🙂

M: yowis ngono saur…selak rep imsak..

A: yoo..riko maem mbi opo

M: iwak…

A: Mossooook..tidak percaya (biasanya ben aku ra kawatir)

M: yakinlah sumpah..hehe

A: yowis, pulsaku mengko entek kie, takiro ono kabar opo? asalamu’alaikum

M:yo…wong tuo pengin ngerti kabar anake tho yo..wa’alaikum salam..

Cuma mau tau kabar orang tua telpon…maklum cumanya bisa nelpon, sms gak bisa..Tapi bahaya juga, kalo bisa sms, tiap waktu pasti di SMS..hahaha 🙂

yah udah jam 4.00 yang lain masih asyik makan dan nonton TV islam KTP..aku berangkat ke kamar mandi, cuci mulut, tangan, sms temen2, entah apa itu, dsb. lanjutin tadarus yang sering aku tunda-tunda…haha :). Eh subuh..kalo ada yg tidur lagi, bangunin lagi deh…bertiga akhirnya ke mesjid..

Ya begitulah moment-moment anak kos….yang kadang membuat kangenn.. semoga kita bisa terus berjuang di jalan yang benar bersama sama..

pagi jam 7 aku sudah mandi,,,gak seperti biasanya, kali ini air terasa dingin. Ini tanda lagi kurang enak badan. Ku paksa karena harus bertemu dosbing di sektor 9 yang sukup jauh. jam 8 berangkat naik motor ma temen-temen, masih nanya-nanya tempat janjiannya. Akhirnya sampe.. Alhamdulilah di acc..

Tapi…ini belom beres..ternyata ada salah format di penulisan yang sudah aku print 2 jilid (90 lembar per jilid). Bisa dibayangin..ini semua sia-sia. Strategi apa yang harus aku lakukan, berjam-jam tidak ketemu. Padahal udah sore..untuk yang lembar ttd dosbing, biarin udah salah. Kalau ganti harus minta tanda tangan lagi…No no no,, ini jalan yang salah. Biarin saja dulu, aku sms teman yang akan dinilai oleh dosbingku, aku pesen, kalau mau ketemu beliau sms aku, aku bisa nitip lembaran persetujuan ato ikut..ini agak menenangkan.

Tetapi,,,masih galau…aku harus ngeprint rangkap 2 berjumlah 90 lembar. Pikirku yasudahlah daripada nilaiku dari dosnil jelek, karena formatnya gak sesuai…udah go go go…semboyan “jer basuki mawa bea”..hahaha #lebeh.. akhirnya selesai juga waktu isya tiba, akhirnya gak bisa jamaah…aduh ya Allah, ketinggalan sholat isya, dan tarawih,,terpaksa tarawih sendiri di kos…wkwkwk

Tetapi, masih berharap, mudah2an dosbing dan dosnilku bisa memahami apa yang aku bahas di laporan, puas, dan memberi nilai memuaskan, meskipun ada format yang salah, mudah2an mereka tidak menganggap ini material…

Akhirnya,,duitku tinggal dikit…hmmm..kalo diitung-itung itu bisa beliin sesuatu yang aku janjiin ke mamak…yaudahlah segalanya milik Allah (pikirku),…

cape juga ya..hari ini..gulita memang tempatku bercerita. abis itu ku pejamkan mata… night…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s