Yudisium STAN DIII Akuntansi dan DIII Bea Cukai 2012


Pagi ini, Rabu, 3 Oktober 2012 suasana nampak beda di depang Gedung G kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN). Nampak berseri-seri di wajah mereka, para mahasiswa tingkat akhir DIII Akuntansi dan DIII Bea Cukai. Pakaian putih lengan panjang dan berdasi menambah aroma bahwa hari ini merupakan hari yang berbeda.

Hari ini merupakan yudisium mahasiswa DIII akuntansi dan DIII bea cukai. Artinya mahasiswa STAN secara resmi dinyatakan lulus dan bukan lagi menjadi mahasiswa melainkan alumni. Ibarat nikah ini adalah ijab qobulnya. 64 mahasiswa bea cukai dan 877 mahasiswa akuntansi hadir dalam acara ini. Sementara 3 mahasiswa Bea cukai dan 77 mahasiswa akuntansi gugur di perjalanan, entah mengulang atau dikeluarkan. Gedung G nampak penuh seperti saat awal ospek di tahun 2009 dulu. Bahkan dalam wujud yang sama, pakaian lengan panjang putih berdasi dan kepala agak botak. Tetapi kali ini lain, kali ini kita akan dilepas… :(

Acara yudisium berturut-turut kurang lebih sebagai berikut. Jam 07.30 mulai registrasi. Selanjutnya 08.00 sudah memasuki ruangan dan duduk dengan rapi. Suasana saat itu masih agak ramai belum terkendali. Akhirnya untuk sedikit menenangkan keadaan, kami melakukan yel-yel hasil pelatihan Capacity Building di Makopassus Cijantung. Luar biasa!!!! panggung di goyang dengan alunan lagu yang agak tegas. Sebelum memulai ke acara kami berdoa (baca basmallah) dan menyanyikan 2 buah lagu andalan. Lagu pertama adalah Mars STAN. Liriknya kurang lebih seperti ini:

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara
Pandai menempa cita baja
Bagai lautan kami maju bersatu
Demi keuangan negara

*Kami mahasiswa pengabdi bangsa
Dengan Pancasila
Berdiri paling muka untuk
Indonesia tercinta

Tak mampu badai tak jua halilintar
Mengoyak citra kampus kita
Oh Indonesia inilah lengan kami
Siap membela demi bangsa

Back to*

Yah lumayan sedikit membuat kami bergelora. Lagu selanjutnya adalah lagu Indonesia Raya. Setiap menyanyikan lagu ini entah mengapa, hati ini terasa tersentuh, bulu kuduk merinding. Luar biasa membuat suasana terdiam.

Memasuki acara selanjutnya, yaitu mengenang masa-masa dari awal USM (Ujian Saringan Masuk) STAN, Ospek, kuliah, Capacity building hingga tibanya saat ini, kelulusan. Masa-masa itu ibarat “history of life” kuliah dengan penuh tugas, pengumuman setiap semester yang takut akan Drop Out (DO), tetapi dalam ketegangan itu ternyata penuh dengan kisah-kisah lucu dan bersahabat, kerja kelompok sampai malem, suka tidur di kelas, dsb. Hmmm…it’s so sweet memories.

Acara selanjutnya sambutan-sambutan, dimulai dari Pak Fadlil Usman selaku kepala pendidikan ajun akuntan yang secara gamblang menyampaikan selamat atas keberhasilan 3 tahun ini dan saran-sarannya, yang intinya tunjukkan bahwa alumni STAN adalah yang membanggakan dalam dunia kerja. Selanjutnya sambutan yang agak panjang dari Direktur STAN yaitu Pak Kusmanadji. Cukup menarik dari sambutan beliau. Beliau mengibaratkan kami semua adalah bayi dalam kandungan seorang ibu yang sudah siap melahirkan. Ibu di sini adalah STAN. Beliau mengatakan bahwa bayi tidak merasakan begitu sakitnya proses selama mengandung, kalau pun iya ya tidak seberapa dengan yang dialami ibunya. Yang aku tangkep di sini, mungkin STAN lah yang merasakan begitu kawatir/cemas bahkan mungkin sakit dengan isu-isu serta berita-berita yang memojokkan STAN. Tetapi sebagai ibu, STAN berusaha tetap menjaga dan memberikan yang terbaik buat calon bayinya. Dimulai dari sistem perkuliahan yang bagus, baik akademik, maupun moral dan kedisiplinan terus ditingkatkan. Jangan sampai hasil keluaran/kelahirannya tidak memuaskan dan mengabdi kepada negeri.

Dan acara yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman peringkat. Pertama jelas diumumin 10 besar dari bea cukai maupun akuntansi. Untuk akuntansi IPK tertinggi 3,82, bea cukai 3, 76. Sedangkan IPK terendahnya, akuntansi 2,80, bea cukai 3,01. Setelah peringkat 1o besar diumumin, kini tinggal peringkat dari 11-67 untuk bea cukai dan 11-877 untuk akuntansi, luar biasa panjang buangettt alias lamaaa. Setiap yang disebut namanya harus maju dan bersalaman. Untuk para cumlauder selain bersalaman juga mendapatkan sertifikat. Dari cumlauder yang masuk 10 besar, selain salaman dan sertifikat, kayaknya dapat sejenis amplop.

Oya..sekedar informasi, untuk IPK cumlaude dan mendapat predikat terpuji untuk bea cukai sekitar 50% (kisaran jumlah lupa), sedangkan akuntansi 181 dari 877 mahasiswa. Alhamdulilah aku termasuk di dalamnya. Hehehehe :)

Kebahagiaan tak cuma itu. Ternyata uang ikatan dinas masih keluar yang 3 bulanan. Semula kami semua pesimis karena pikir kami uang itu digunakan untuk latihan di kopassus. Ternyata STAN masih peduli ma kami…hehehe :)

Puji syukur aku ucapkan kepada Allah atas nikmat yang dari kita lahir sampai nanti kita meninggalkan dunia ini, tiada terkira jumlahnya. Selain itu kepada keluargaku yang selalu ngedoain, agar aku bisa terus semangat. Special buat Mamakku yang menjadi wanita luar biasa meskipun tanpa kehadiran sosok suami sejak aku SMP. Aku bangga jadi anakkmu…. :D Doa emak selalu mengalir di darahku…

Semoga sukses kedepannya…aamiin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s